Rabu, 26 Juni 2019

Terapkan 6 Kiat Ini Agar Diterima Program Beasiswa LPDP ke Luar Negeri



Pendidikan yang berkualitas atau baik nantinya bisa menjamin masa depan yang jauh lebih cerah. Itulah mengapa banyak orang tua yang tidak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan banyak biaya untuk buah hati mereka, supaya bisa menuntut ilmu setinggi-tingginya. Namun bagi mereka yang terlahir dari keluarga dengan tingkat ekonomi tidak begitu baik atau beruntung, sebenarnya juga tidak perlu khawatir, karena tetap bisa mendapatkan pendidikan yang layak dari berbagai program beasiswa yang ditawarkan, salah satu diantaranya adalah beasiswa LPDP 2019 IDP.

Faktanya LPDP ini sendiri termasuk dalam jenis beasiswa yang sangat bergengsi dan banyak diincar oleh para mahasiswa, khususnya yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan mereka ke tingkat Magister atau S2, baik itu di dalam maupun hingga ke luar negeri. Hanya saja karena memang pesaingnya sangatlah banyak, maka untuk mendapatkan program beasiswa ini juga tidak semudah yang dibayangkan. Namun bagi yang benar-benar memiliki niat dan keinginan kuat untuk mendapatkan beasiswa dari LPDP sebenarnya bukan hal yang tidak mungkin. Berikut ini diantaranya beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yaitu :

1. Penuhi semua persyaratan administrasi yang diberikan oleh pihaknya, syarat utama yang memang harus dipenuhi terkait dengan seleksi administrasi, agak banyak dan memakan waktu yang cukup lama. Namun pastikan bahwa semuanya sudah Anda persiapkan jauh-jauh hari, sehingga jika program beasiswa tersebut dibuka, maka nantinya tinggal daftar saja.

2. Menentukan jurusan kuliah yang ingin diambil, sebaiknya tidak sembarangan di dalam memilih jurusan kuliah, apalagi untuk program S2, tentunya harus disesuaikan dengan program jurusan yang diambil saat menempuh pendidikan S1 sebelumnya, sehingga tidak jomplang.

3. Memilih universitas tujuan, tak kalah penting adalah dengan menentukan universitas mana yang ingin Anda masuki, karena ada banyak sekali di seluruh dunia. Tak perlu khawatir jika memang memiliki tujuan universitas yang bergengsi di luar negeri, karena tidak ada kata mustahil, jika seandainya diterima, maka semua biaya akan ditanggung oleh beasiswa LPDP 2019 IDP tersebut, jadi jelas dalam menentukan tujuan masuk universitasnya.

4. Persiapkan TOEFL dan juga IELTS, jika berbicara mengenai tawaran beasiswa dari LPDP ini, entah itu dengan tujuan universitas di dalam maupun luar negeri. Namun yang pasti nilai TOEFL dan juga IELTS harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan, untuk itu sebaiknya mulai dengan mengambil bimbingan atau les secara rajin. Sehingga skor bisa memenuhi syarat yang dibutuhkan, Anda bisa les di banyak sekali pilihan lembaga kursus bahasa Inggris.

5. Persiapkan sertifikat bahasa inggris dan juga LoA, sebagai bukti bahwa Anda benar-benar ahli dalam berbahasa inggris tentunya harus ada bukti sertifikat IELTS maupun TOEFL yang dimiliki, namun bukan yang berasal dari lembaga abal-abal, melainkan yang memang sudah terpercaya ditambah dengan adanya LoA atau letter of Acceptance yang bisa menjadi nilai lebih dalam mendaftar program beasiswa ini.

6. Berdoa, langkah akhir yang bisa dilakukan adalah dengan berdoa sehingga nantinya dalam pendaftaran ini akan diterima, karena syarat yang diajukan banyak, belum lagi dengan kriteria yang diberikan juga cukup tinggi, sehingga banyak yang gagal. Hanya saja setelah semua usaha dikerahkan maka harus diimbangi dengan doa.

Beasiswa LPDP ini dibuka setiap tahunnya, sebelum terlambat maka mulailah untuk mempersiapkan pendaftarannya sekarang juga. Jikapun ditolak maka bukan masalah besar, karena nyatanya ada banyak sekali pilihan program beasiswa lain yang diberikan oleh pemerintah.

Artikel Terkait

Terapkan 6 Kiat Ini Agar Diterima Program Beasiswa LPDP ke Luar Negeri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email