Sabtu, 23 Maret 2019

Panduan Mudah Selesaikan Tes IELTS writing Task 1 Cepat



Secara global ternyata kemampuan berbahasa Inggris itu mempunyai peran yang sangat penting sekali, baik dalam dunia pendidikan ataupun dunia kerja. Bukan hanya keahlian Anda dalam berbicara dengan bahasa internasional tersebut tetapi juga aspek menulis, membaca, dan mendengarkan. Terkhusus untuk kemampuan menulis, ini akan sangat dibutuhkan dalam lapangan kerja multinasional, apalagi ketika Anda ingin masuk perguruan tinggi atau institusi pendidikan internasional.

Tingkat kemampuan menulis Anda ini dapat dibuktikan dengan sertifikasi IELTS khususnya IELTS writing task 1 ataupun 2. Keduanya memang berbeda, tetapi untuk artikel kali ini akan lebih fokus membahas seperti apa tips yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan Writing Task 1.

Pada dasarnya untuk melakukan tes IELTS sendiri Anda harus mampu menguasai cara penulisan yang baik dalam bahasa Inggris. Nah, disinilah yang sering sekali membuat calon mahasiswa terbaik kesulitan untuk mengatasinya. Sebelum membahas mengenai tips seperti apa saja yang dapat dilakukan agar lebih mudah. Anda perlu paham juga perbedaan jenis modul writing IELTS, yang terbagi atas:

IELTS Academic
Ini merupakan salah satu bentuk tes bahasa Inggris yang bertujuan untuk dapat masuk pada salah satu perguruan negeri ternama baik didalam negeri maupun luar negeri. Secara umum memang terlihat sulit tetapi saat Anda paham trik pasti akan lebih mudah. Pada jenis soal tes ini terdiri dari 2 jenis, yang pertama IELTS writing task 1 yang biasanya mengharuskan Anda untuk menulis 150 kata dan kedua 250 kata. Masing-masing diberikan waktu tertentu untuk menyelesaikan semua soal yang diberikan.

IELTS General Training
Tugas 1 dan tugas 2 dalam IELTS modul General Training sama-sama memiliki jumlah batasan 150 dan 250 kata. Waktu yang diberikan juga 60 menit, dan sama dengan jenis tes sebelumnya. Tetapi materi yang diberikan akan berbeda dibanding untuk masuk perguruan tinggi, karena tes ini bertujuan menguji mereka yang ingin bekerja atau migrasi ke luar negeri. Anda bisa diminta menulis surat informal seperti kepada kolega Anda, mungkin surat formal kepada pemilik properti yang Anda sewa.

Nah, itulah kedua tipe modul tes IELTS. Selain perbedaan, terdapat juga kesamaan. Yaitu keduanya mengharuskan para test-taker untuk dapat menulis dengan gaya penulisan yang tepat, memperhatikan tanda baca, lalu mengenai ejaan sampai dengan tata bahasa yang tepat. Lalu untuk jawaban yang diperlukan sendiri juga perlu untuk diperhatikan seperti mengenai isi, tata bahasa, kosakata yang masuk akal atau relevan dan beberapa lainnya. Penulisan harus sesuai, teratur dan jelas dengan penggunaan opini yang dapat membantu dari jawaban Anda pada soal tersebut. Ada beberapa poin penting yang menjadi dasar dari penilaian kualitas dari jawaban itu sendiri.

Untuk soal yang diberikan pada jenis IELTS task 1 dan 2 itu memang berbeda, disini Anda harus paham terlebih dahulu. Umumnya untuk task 1 modul Academic, Anda akan diminta menuliskan esai berdasarkan suatu grafik, pie, charts, bar, diagram ataupun bagan lain yang sejenis. Lalu pada setiap paragraf muncul beberapa ketentuan seperti:

Paragraf 1
Umumnya untuk paragraf yang pertama ini berisikan kalimat perkenalan atau introduction. Penulisannya sendiri terdiri dari 1 kalimat tetapi sudah mencakup informasi yang jelas dan tepat.

Paragraf 2
Selanjutnya pada paragraf kedua ini berisikan rangkuman umum poin utama grafik yang umumnya memang lebih baik diletakkan pada bagian awal sebelum masuk detail. Ada beberapa ketentuan atau cara penulisan yang tepat pada bagian ini seperti menulis dengan dua poin utama melalui chart, menunjukkan periode ataupun waktu tertentu, tidak memasukkan angka dan lainnya.

Paragraf 3
Kemudian berlanjut pada paragraf 3 yang berisikan beberapa poin, untuk tipsnya sendiri sangat beragam. Mulai dari penulis 2 paragraf informasi, mendeskripsikan secara terpisah, ataupun hal-hal lainnya. Begitu pula dengan paragraf selanjutnya yang mempunyai ketentuan berbeda pula. Inilah yang dikatakan untuk penulisan pada IELTS writing task 1 dan 2 itu berbeda.

Melihat beberapa ketentuan pada task 1, tentu saja akan berbeda pula pada jenis task 2 yang akan Anda hadapi. Tetapi apapun itu lebih baik pelajari dengan baik dan tepat, tidak bisa secara instan tetapi harus melalui beberapa tahapan. Secara umum memang ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk bisa sukses dan lancar mengerjakan tes IELTS writing task 1 ataupun 2. Nah, berikut ini ada beberapa panduan yang dapat Anda gunakan yaitu:

Persiapan
Dari awal biasakan diri Anda untuk selalu membaca teks terlebih dahulu saat akan uji bahasa Inggris. Tentu persiapan tidak dilakukan secara mendadak, tetapi bisa dari beberapa bulan terlebih dahulu sebelumnya. Dengan begitu Anda akan lebih terbiasa dan paham dengan apa isi dari bacaannya secara mudah dan cepat. Tentu hal itu bukan hanya dari formal saja, tetapi informasi juga bisa Anda gunakan seperti majalah, koran ataupun yang lain.

Prioritas
Lalu cukup penting pula untuk mengetahui jenis atau kualitas skor dari masing-masing pertanyaan. Yang perlu Anda garis bawahi adalah untuk soal kedua itu mempunyai nilai yang lebih tinggi yaitu dua kali lipat tetapi dengan durasi waktu yang lebih panjang. Jadi cukup pandailah Anda mengalokasikan waktu secara tepat untuk kedua soal agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan paragraf
Lalu penggunaan paragraf sebagai struktur jawaban itu sangat penting sekali, satu opini bisa untuk satu paragraf. Untuk mempermudah, buatlah kerangka pikiran terlebih dahulu agar rangkaian kalimat Anda koheren antar paragraph. Misalnya saja Anda mempunyai 7 opini dari soal yang diberikan, jadikan itu menjadi 5 paragraf atau bahkan lebih. Tentunya jangan lupa untuk memperhatikan bukti yang dapat memperkuat serta penuhi batas kata minimumnya.

Baca pertanyaan dengan baik
Kemudian baca dan pahami instruksi dan pertanyaan yang ada dengan baik. Bagi beberapa orang mungkin hal ini terlihat sederhana sekali tetapi itu dapat membuat kesalahan besar tanpa pemahaman yang tepat. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dan terlalu panik sehingga mengakibatkan kesalahan tersebut.

Setelah membaca beberapa panduan diatas tentu saja Anda akan lebih paham seperti apa yang harus dilakukan dengan tahapan tepat. Jangan lupa untuk memanajemen waktu secara tepat dan cepat. Misalnya saja mulai dari 5 menit pertama pastikan bisa memahami chart, tulis dari introducing ataupun dari paragraf penting. Lalu menit berikutnya untuk menulis dua kalimat rangkuman dan melihat chart. Lalu terakhir bisa gunakan untuk mendeskripsikan rincian yang lebih spesifik, usahakan semua tahapan selalu terorganisir dengan baik berdasarkan waktu yang telah ditentukan pada awal tes berlangsung.

Selain mengenai dari jenis IELTS writing task 1 dan 2, lalu memahami apa yang ada pada masing-masing jenisnya. Kemudian berlanjut pada panduan untuk mengerjakan sampai dengan memanajemen waktu secara tepat. Saatnya Anda untuk mencari cara atau metode belajar yang tepat seperti apa sehingga memberikan hasil yang efektif dan tentunya maksimal. Misalnya menggunakan buku-buku IELTS, mentor, mencari banyak latihan soal ataupun cara lain yang lebih mudah untuk dipahami. Dengan begitu Anda akan lebih cepat sampai dengan tingkat kemampuan yang lebih tinggi.

Artikel Terkait

Panduan Mudah Selesaikan Tes IELTS writing Task 1 Cepat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email